Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal HP Android Yang Cepat Penuh

Memori internal yang penuh merupakan permasalahan yang umum dan sering di alami oleh pengguna smartphone yang mana terkadang hal ini sangat menjengkelkan karna cukup berdampak bagi kinerja dan fungsi HP itu sendiri sehingga menjadi lemot atau lambat.

Masalah memori internal ini sebenarnya bisa diatasi diawal dengan memilih spesifikasi memori internal pada saat memutuskan untuk membeli smartphone dengan memperhatikan bagian kapasitas penyimpanan yang disediakan.

Selain dari kapasitas penyimpanan memori internal yang perlu diperhatikan kamu juga tentu harus memperhatikan penggunaannya, jangan-jangan yang menyebabkan memori internal HP kamu cepat penuh akibat terlalu banyak menginstall atau menggunakan aplikasi, menyimpan file musik, videos, dan foto yang berlebihan.

Namun banyak diluar sana khususnya pengguna HP Android yang mengeluhkan memori internal penuh padahal masih kosong, gallery juga tidak terlalu banyak menyimpan foto/videos namun masih saja muncul notifkasi ''Ruang penyimpanan hampir penuh''.

Penyebab Memori Internal HP Android Cepat Penuh


Kenapa memori internal cepat penuh? Sebenarnya ada beberapa sebab yang menjadi faktor memori internal kamu cepat penuh, salah satunya adalah dari aplikasi yang terinstall. Jika kamu perhatikan ketika kamu menginstall aplikasi setidaknya akan ada beberapa data yang tersimpan yang mana akan memakan kapasitas memori.

Data tersebut merupakan data yang berkaitan dengan file data login, cache, dan apa yang kamu simpan dari aplikasi tersebut contohnya ketika kamu mendownload videos/foto yang di kirim melalui aplikasi Chatting seperti WhatsApp dan Telegram.

Selain itu juga sering menyimpan hasil foto dan videos dari kamera ke storage internal dapat menyebabkan memori internal kamu cepat penuh, tentu solusinya kamu harus memanage pilihan penyimpanan akhir ke SD Card untuk mengurangi penggunaan memori internal.

Tips Mengatasi Memori Internal Yang Cepat Penuh


Setelah mengetahui penyebab memori internal yang cepat penuh setidaknya ada beberapa langkah-langkah yang harus kamu terapkan mulai sekarang, berikut adalah tips-tips dari LewatOnline.com yang bisa kamu coba :

1. Rutin Membersihkan File Sampah / Cache

Seperti yang sudah LewatOnline.com jelaskan diatas untuk bekerja sebuah aplikasi akan membuat atau menyimpan sebuah file 'sampah' yang sebenarnya file ini bisa juga membantu proses memuat aplikasi menjadi lebih cepat, namun jika ukurannya besar akan menjadi beban memori internal kamu juga bukan ?

Untuk membersihkan file sampah atau cache ini setiap HP Android sudah memiliki fitur bawaannya jadi tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk caranya bisa kamu buka pada menu Setting lalu cari bagian Application atau App Management (untuk setiap merk/type HP Android tidak jauh berbeda) kemudian pilih salah satu aplikasi kemudian pilih Clear Cache seperti gambar berikut 




2. Gunakan SD Card Untuk Menyimpan Foto, Videos, dan Musik

Untuk mengurangi penggunaan memori internal bawaan HP kamu, gunakanlah kartu SD eksternal berkapasitas minimal 16 GB - 32 GB untuk menyimpan hasil foto dan videos yang dihasilkan oleh kamera, kamu juga bisa memilih sd card ini untuk menyimpan file-file lainnya seperti musik, audio, dan lain-lain.


3. Install Aplikasi Secukupnya

Mulai sekarang perhatikan penggunaan aplikasi kamu, cukup dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang memang perlu dan sangat kamu butuhkan. Menginstalll banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan tentunya sangat tidak berguna dan hanya memenuhi storage internal HP kamu.

4. Reset HP Ke Pengaturan Pabrik

Jika dirasa ke-3 langkah diatas sudah kamu lakukan namun HP kamu masih saja menampilkan notifikasi memori internal hampir habis atau penuh, cara terkahir yang bisa kamu coba adalah dengan me-reset setelan atau pengaturan ke pabrik. Ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi hp lemot sekalipun.

Perlu diingat dengan reset ke pengaturan pabrik atau factory reset ini menjadikan smartphone / HP kamu seperti baru pertama kali disetting dari pabrik, semua aplikasi termasuk file yang tersimpan sebelumnya akan terhapus permanent.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih langkah terakhir ini pastikan kamu sudah membackup semua file gallery  foto, videos, dan lain-lain ke laptop kamu ya.

Dengan mengikuti beberapa tips diatas seharusnya sekarang kamu sudah tidak menemukan lagi masalah yang berkaitan dengan memori internal yang cepat penuh.

Apabila ada yang kurang jelas dalam penjelasan pada artikel ini bisa tulis pertanyaan kamu di kolom komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat.